BESI BETON

 

Distributor Besi Beton SNI – Besi Bangunan atau Besi Beton reinforcing barrebar), adalah  batang baja  yang berbentuk menyerupai jala baja yang digunakan sebagai alat penekan pada beton bertulang dan struktur batu bertulang untuk memperkuat dan membantu beton di bawah tekanan. Beton menjadi kuat di bawah kompresi, tetapi memiliki kekuatan tarik yang lemah. Besi beton secara signifikan meningkatkan kekuatan tarik struktur. Permukaan besi beton sering berubah bentuk untuk memposisikan ikatan yang lebih baik dengan beton.

Besi beton adalah salah satu material besi konstruksi yang sering digunakan. Besi beton banyak dimanfaatkan untuk segala jenis konstruksi, mulai dari rumah, jalan raya, jembatan dan lain sebagainya. Besi beton dimanfaatkan untuk rangka utama serta pondasi penyusunan struktur bangunan.

Karena besi beton merupakan besi konstruksi yang penting dan banyak digunakan, anda perlu mendapatkan besi beton dengan kualitas dan harga terbaik. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mencari distributor besi beton terbaik. besi beton yang yang memenuhi standarisasi tersebut disebut sebagai besi beton SNI.

Kami anugerah logam abadi adalah distributor dan supplier aneka ragam logam dan lainya yang berlokasikan di Surabaya. Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang kami tawarkan karena kami adalah distributor langsung dari pabrik, jadi sudah pasti harganya lebih murah dan juga ketersediaan barang yang hampir selalu ready.

Proses pembuatan Besi Beton

Pertama-tama, besi billet akan dipanaskan pada Soaking Zone di suhu sekitar 950–1150°C selama dua jam penuh. Mesin akan membutuhkan waktu dua jam untuk memanaskan billet hingga mencapai suhu 1000–1350°C, proses ini dinamakan proses Heating Zone. Setelahnya, billet akan dikupas dan disesuaikan ukurannya untuk menjadi besi beton dalam tahapan Phasa Roughing. Kemudian dalam Phasa Intermediate, biasanya beberapa proses akan diatur untuk tidak mengupas billet untuk mengurangi tegangan tarik pada billet. Hal ini dilakukan agar billet tidak rusak atau tidak patah pada saat proses pengerolan dilakukan.

Tahapan ini memang menekankan pada kupasan dan pengurangan tegangan pada billet. Billet biasanya akan digiling atau digilas dengan roller yang terbuat dari besi pula, seperti proses memilin. Roller ini akan membentuk billet menjadi bentuk bulat yang lebih kecil dan lebih panjang. Jika sudah sesuai dengan ukuran yang ditentukan dan telah keluar dari mesin finishing mill, billet akan didinginkan dengan mesin cooling bed. Setelahnya, billet akan dipotong-potong dengan panjang yang dikehendaki. Ukuran panjang standar untuk besi beton di Indonesia biasanya sepanjang 12 meter dengan pengemasan dalam posisi ditekuk atau dibending menjadi 6 meter.

Panjang Besi Beton

Menurut SNI 07-2050-2002, panjang baja tulangan beton ditetapkan hanya sebesar 6 m, 9 m, dan 12 m. Hal ini merevisi pernyataan pada SII 0136-84 yang menyatakan bahwa baja tulangan beton juga memiliki ukuran 3 m. Toleransi panjang baja tulangan beton ditetapkan minus 0 mm (-0 mm) plus 70 mm (+ 70 mm). Dengan kata lain, toleransi ukuran panjang baja tulangan tidak boleh melebihi 7 cm. Sehingga jika besi ini memiliki panjang 12 meter, maka minimum panjang besi beton tersebut haruslah 11.93 meter untuk bisa dikategorikan sebagai besi SNI.

Fungsi Besi Beton

ada 2 jenis besi beton, yaitu besi beton polos dan besi beton ulir atau sirip. Besi beton polos biasa digunakan untuk dowels spiral dan pendukung struktur pada konstruksi. Sedangkan beton ulir digunakan untuk pembangunan konstruksi dan infrastruktur yang membutuhkan daya tarik lebih kuat seperti gedung pencakar langit. Sirip-sirip pada besi beton ulir inilah yang berfungsi untuk menghalangi pergerakan pada arah longitudinal batang terhadap beton.

Keunggulan Besi Beton

  1. Besi beton mudah di temui dan harganya relatif murah.
  2. Besi beton ini memiliki keunggulan dapat bertahan di suhu atau temperatur yang tinggi ini akan cocok di gunakan untuk bangunan  high rised building atau gedung bertingkat.
  3. Sifat yang fleksibel pada besi beton menyebabkan besi beton mudah dalam membuat berbagai bentuk sesui dengsn kebutuhan.
  4. Jika terkena air besi beton tidak mudah berkarat.
  5. Besi beton memiliki usia yang sangat panjang, sehingga sifat ini sangat baik untuk menjaga struktur bangunan untuk tetap kokoh.

Kegunaan Besi Beton

Besi beton polos lebih sering digunakan untuk pembangunan gedung, dikarenakan bahannya yang mudah didapatkan dan harganya yang sangat ekonomis. Bila dibandingkan dengan material bangunan lainnya harganya sangat beda jauh, meskipun begitu ia tetap memberikan performa dan kualitas yang sangat bagus dan terjamin.

Material besi beton banyak digunakan untuk konstruksi skala kecil hingga besar. Seperti jembatan, bangunan hunian, jalanan, bendungan, terowongan, viaduct, drainase, tangki, irigasi, atau dinding penahan tanah serta masih banyak kegunaan lainnya.

  • Terowongan

Terowongan biasanya memiliki objek konstruksi lain di atasnya. Sebut saja jalan raya bertingkat. Dengan demikian, kekuatan struktur terowongan juga harus maksimal. Seperti halnya jembatan, terowongan juga bisa memanfaatkan berbagai kelebihan besi beton dalam hal pendukung kekuatan struktur beton. Masih banyak lagi kegunaan besi beton pada kontruksi seperti pembuatan jembatan antar lembah, sistem pengairan dan irigasi, hingga bendungan.

  • Jembatan

Untuk kebutuhan pembangunan jembatan, biasanya jenis besi beton yang dipakai adalah besi beton dengan ulir. Pasalnya, besi beton yang demikian dapat menyediakan sebuah ikatan yang kuat di antara tulang-tulangnya. Daya ikat dari ulir tersebut pun memiliki fungsi untuk meredam atau menahan berbagai gerakan dari batang terhadap bahan beton.

  • Bangunan

susunan struktur sebuah bangunan. Dalam hal ini, struktur yang dimaksud adalah pondasi. Meski demikian, besi beton juga sering dijadikan komponen lain selain konstruksi struktural, tergantung kebutuhannya. Misalnya, dak beton yang juga membutuhkan peran besi beton sebagai penguat. Pada bangunan yang tinggi, seperti rumah bertingkat hingga gedung pencakar langit, besi beton digunakan sebagai penguat struktur pada kolom beton, dinding, plat, sloof, dan lain sebagainya.

 

MACAM MACAM BESI BETON

Besi Beton Polos

Besi Beton polos

pada umumnya, Besi beton polos memiliki penampang bundar dengan struktur permukaan mulus/licin tanpa sirip dengan bentuknya bulat memanjang tanpa tambahan variasi apapun. Besi beton polos berfungsi membungkus besi beton ulir dengan posisi yang memanjang.  Besi jenis ini terkenal dengan ketahanan dan kekuatannya dalam pembuatan pondasi pada bangunan, besi beton polos banyak di manfaatkan sebagai kerangka atau tulang tulang bangunan, yang mana fungsinya untuk menahan pondasi beton pada proses bangunan. Besi beton polos memiliki penampang bundar dengan struktur permukaan mulus/licin tanpa sirip dengan bentuknya bulat memanjang tanpa tambahan variasi apapun. Besi beton polos berfungsi membungkus besi beton ulir dengan posisi yang memanjang.

TABEL BERAT BESI BETON

Besi Beton Polos (Round Bars)

No Diameter (mm) Berat/Batang(kg) Panjang (m)
1 6 2,66 12
2 8 4,74 12
3 10 7,4 12
4 12 10,7 12
5 14 14,5 12
6 16 19 12

 

Besi Beton Ulir TS 280

Besi Beton Ulir TS 280

Besi ulir memiliki permukaan ulir yaitu menyerupai sirip ikan namun tersusun dari atas ke bawah. Penampang dasarnya sebenarnya bundar namun karena tambahan ulir yang ada pada permukaan tersebut membuat penampang dasarnya berbentuk bundar ditambah dengan sirip ikan.

Ulir atau sirip berguna untuk membentuk bonding atau ikatan yang lebih baik di antara besi beton dengan material cornya. Ikatan inilah yang menahan pergerakan antara material cor dengan rangka yang disusun oleh besi beton tersebut. Besi beton ulir TS 280 memiliki pola pada permukaannya. Pola atau ulir pada permukaan besi beton akan berbeda-beda tergantung dari pabrikannya. Pola atau ulir ini dapat diproduksi melalui proses roll pada permukaannya.

Besi Beton ulir TS 420

Besi Beton Ulir TS 420

Besi beton ulir TS 420 pada prinsipnya adalah sama dengan besi beton ulir TS 280 namun letak perbedaannya adalah pada kualitasnya. Besi beton ulir TS 420 memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan besi beton ulir TS 280 terutama pada kelenturannya. Semakin lentur besi beton semakin bagus juga kualitas besi beton tersebut ketika ditekuk. Tingkat kelenturan dari besi beton ulir TS 420 inilah yang membuat harga besi beton ulir TS 420 lebih mahal dibandingkan besi beton TS 280. Sehingga besi beton ulir TS 420 lebih bisa diandalkan untuk membangun gedung bertingkat yang tinggi.

Tabel Berat Besi Beton

Besi Beton Ulir (Deformed Bars)

No Diameter (mm) Berat/Batang (kg) Panjang (m)
1 10 7,4 12
2 13 12,5 12
3 16 19 12
4 19 26,8 12

 

Berikut penjelasan dan harga besi beton dibawah ini:

Harga Besi Beton Polos 6mm 8mm per Batang

Ukuran Besi Beton Spesifikasi Panjang Harga Per Batang
6mm Diameter 6mm 12 meter Call / WA
8mm Diameter 8mm 12 meter Call / WA

Harga Besi Beton Polos 10mm 12 mm per batang

Ukuran Besi Beton Spesifikasi Panjang Harga Per Batang
10mm Diameter 10mm 12 meter Call / WA
12mm Diameter 12mm 12 meter Call / WA

Harga Besi Beton Polos 16mm 19mm per Batang

Ukuran Besi Beton Spesifikasi Panjang Harga Per Batang
16mm Diameter 16mm 12 meter Call / WA
19mm Diameter 19mm 6 meter Call / WA

Harga Besi beton Ulir Per Batang

Ukuran Besi Beton Spesifikasi Panjang Harga Per Batang
10mm Beton Ulir 12 meter Call / WA
13mm Beton Ulir 12 meter Call / WA
16mm  Beton Ulir 12 meter Call / WA

 

kami anugerahlogamabadi.com bisa memenuhi kebutuhan Besi beton anda dengan harga bersahabat kualitas terbaik. kami juga menjual produk-produk lainnya seperti kawat bendrat, kawat harmonika, semen, triplek, wiremesh, seng, kawat duri, paku kayu.

 

 

Segera hubungi kami mengenai harga dan penawaran terbaik.

HP: 0812 3191 7719 (WA/SMS)
HP: 0812 3191 7719(SMS)
*Mohon kirim pesan via wa/sms jika no hp kami sulit di hubungi, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.